3 hal yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang tangguh

#Goodlife Tahan banting adalah salah satu kunci sukses!
Sumber : unsplash.com


Semua manusia pasti menginginkan kehidupan yang bahagia, tanpa disertai ragam masalah yang bikin kepala nyut-nyutan dan sakit hati karena penderitaan. Sayangnya, hidup tak seindah dongeng atau cerita romantis di dalam novel.
Hidup adalah sebuah perjalanan atau proses yang dipenuhi kotak misteri, isinya adalah takdir yang tak terduga. Kita bisa saja berencana A, tapi hasil akhir yang terjadi adalah B. Misalnya saja, hari ini kita gembira bukan kepalang karena memenangi suatu perlombaan, esoknya kita mendapat kabar duka atas kehilangan orang yang dicintai, sehingga kegembiraan yang dirasakan sehari sebelumnya pun lenyap begitu saja. Ya,, hidup memang semisterius itu. Ibarat pepatah, Do your best, God will do the rest.
Ketangguhan adalah solusi untuk menghadapi alur perjalanan hidup yang berubah-ubah dan tak terduga. Seseorang yang tangguh cenderung mampu bertahan dalam setiap kondisi dan tentu saja selangkah lebih maju dalam meraih sukses. Mereka yang tahan banting ini biasanya dapat bangkit kembali dari keterpurukan dan penderitaan yang melanda, sepahit atau seburuk apapun kondisi yang menimpanya itu.
Sifat tangguh bukanlah suatu karakter yang tumbuh begitu saja, ia adalah suatu kemampuan yang harus dipupuk seiring berjalannya waktu. Kamu butuh proses untuk mencapai titik itu.
Berikut adalah hal-hal yang harus kamu pupuk sejak dini untuk memupuk sifat tangguh dalam dirimu :

1. Menghadapi Kenyataan dengan lapang dada

Saat masa-masa sulit itu datang, Menangislah, bersedihlah, karena emosi memang perlu diluapkan. Jangan ditahan, sesuatu yang dipendam akan terasa lebih sakit ke depannya.
Perlahan, setelah kamu merasa cukup lelah menangis, bukalah pikiran dan hatimu. Hadapi kenyataan pahit yang saat ini menimpamu, jadikan cerita pahit itu sebagai narasi yang harus kamu baca sampai tuntas. Latih dirimu untuk bertahan hidup dalam kenyataan yang tak sejalan dengan apa yang kamu inginkan itu. kemudian hadapi dengan iklas dan lapang dada. Daripada menghabiskan waktu untuk mengeluh dan menolak segala kepahitan, lebih baik rasa sakit itu dirangkul dengan pikiran terbuka dan lapang dada.

Mencari makna dari penderitaan yang dialami

Jangan tanyakan, kenapa harus aku yang mengalami hal ini? tapi yakinkan dirimu, kamu terpilih karena kamu mampu menghadapinya.
Saat kesulitan melanda, cobalah untuk tidak menyalahkan keadaan. Ambilah hikmah atau cobalah mencari makna dari penderitaan yang sedang kamu alami agar kesulitan dan rintangan yang kamu alami sekarang dapat dijadikan pelajaran hidup bagi dirimu sendiri dan orang lain di masa yang akan datang.
Sejatinya, setiap proses yang kamu hadapi pasti memiliki makna tersendiri dalam hidupmu. Ibarat pedang, ia harus ditempa berkali-kali dalam bara api agar bisa dijadikan alat tempur. Begitu juga dirimu. Terkadang, manusia tidak menyadari arti dari penderitaan itu sendiri sebelum ia melewatinya.

Berimprovisasi dalam menghadapi masa-masa sulit

Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan yang terjadi serta merta dan didukung oleh faktor kondisi dan keadaan.
Sebagai contoh, seorang dokter ditugaskan di area pedalaman yang sangat jauh dari pusat kota, tiba-tiba datang seorang pasien yang mengalami cidera patah tulang paha. Saat itu di Puskesmas tempat dokter bekerja tidak memiliki peralatan bidai dan bebat yang tidak mungkin didatangkan dalam waktu cepat, sementara tungkai si pasien harus di immobilisasi agar dapat dirujuk dengan aman ke rumah sakit yang jaraknya sangat jauh. Dokter pun akhirnya berimprovisasi dengan menggunakan benda keras yang menyerupai bidai dan beberapai helai jilbab yang dimilikinya untuk melakukan immobilisasi pada tungkai pasien tersebut.
Tekanan demi tekanan dan hal-hal tidak terduga pasti akan terus menghantui manusia. Sehingga kita perlu mencari suatu cara untuk menghadapi segala serangan itu dengan cara yang inovatif dan bijaksana serta memanfaatkan segala kesempatan dan potensi yang kita miliki.
Nah, itulah 3 hal yang harus dipupuk agar kamu jadi pribadi yang tangguh. Semoga bermanfaat!

NB : Tulisan ini sebenarnya sudah saya submit di IDNtimes 2 bulan lalu, tapi sampai sekarang belum di approved alias masih pending. Jadi saya post saja di blog pribadi :)

Komentar

  1. Boleh nambahin mbak ?
    Satu lagi soal sabar dan yakin bahwa Tuhan punya rencana baik untuk kita :)

    Sukses selalu mbak semoga tulisannya segera terbit di IDNtimes yaa
    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaaah... Bener sekali.. Kita harus yakin sama rencana baik Tuhan :)

      terima kasih mbak
      Doa yang manis sekali

      Sukses jga utk mbak nya :)

      Hapus
  2. thanks mbak sudah tercerahkan berkat tulisan ini, intinya adalah harus lapang dada dan bangkit. percaya bahwa hidup tidak melulunkesedihan maupun kebahagiaan. ikut alurnya dengan mengandalkan ke Tuhan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengirim Barang Dengan Menggunakan jasa Dakota Cargo

Apa Sih Clinical Skill (KKJ) Itu?

PENGURUSAN SERKOM DAN STR UNTUK DOKTER UMUM