Pengalaman Mengirim Barang Dengan Menggunakan jasa Dakota Cargo

Hai semuanya...

Dakota kargo, BSD serpong


Pada postingan kali ini aku mau berbagi  pengalaman menggunakan jasa logistik Dakota Cargo Serpong.

Alamat lengkapnya di bawah ini :

Dakota  Cargo (Dakota Buana Semesta Tangerang counter) Jl Bumi Serpong Damai sektor XI , Ruko Boulevard Tekno Blok C No 12 BSD city , Tangerang Selatan 
No Telepon : 08128576333/ 021 2931 3353/54

Aku merantau di jabodetabek lumayan lama, sekitar bulan Juni 2016, nah Januari 2019 nanti aku akan mengakhiri perantauanku untuk mengawali karir di tanah kelahiran, Nanggroe Aceh Darussalam tercinta bersama suami (Karena satu dan lain hal).


Tahu kan ribetnya pindahan? Yup. Barang-Barang... Yang namanya cewek pasti ada aja printilan dan belanjaan... Ditambah lagi, tahun 2017 lalu di bulan Juli, aku kan udah menikah,nambah lagi barang milik suami dan barang keperluan rumah tangga...

Cukup banyakalah intinya barang barang kami berdua, dan pasti ntar bakal melebihi kapasitas bagasi pesawat..., setelah dipikir pikir, kenapa nggak di kargoin aja sekalian ntar pulangnya kan udah nggak gitu ribet dan mahal kalau kelebihan bagasi.  

Packing pun dilakukan, berbekal 5 kardus yang aku beli di grosir sembako dekat pasar serpong dengan harga 5000 rupiah saja, dan ya..

Setelah dipilah pilah, maka masuklah sebagian besar barang-barang dalam kardus. Sisanya akan di bawa pulang dengan koper.

Iya..5 kardus :( dan kardusnya besar pula. Muncullah kecemasan akan onkir yang mahal. Mana kami pun harus hemat (memutuskan pulang berarti otomatis kami jadi pengangguran dan harus nyari kerja lagi dari awal kan, jadi ga boleh terlalu over budget dalam segala hal agar bisa survive untuk tahun tahun ke depan) *nangis

Dengan segala kemampuan dan daya upaya, mulailah jiwa emak-emak muncul ke permukaan, mencari cara segenap jiwa raga agar pengiriman barang pindahan bisa dieksekusi dengan harga yang semurah murahnya ,dalam tempo yang sesingkat singkatnya. 

Berbekal skill komunikasi, mulailah aku tanya kesana kemari dibarengi dengan ikhtiar menjelajahi dunia om Google dan seisinya. 

Ikhtiar membuahkan hasil, muncullah satu kandidat yang memenuhi target. Tak lain dan tak bukan adalah Dakota Cargo, plus salah satu cabangnya pun ga jauh dari kontrakanku saat ini , kurang lebih 2.4 km. 

Berhubung aku tipikal yang suka melakukan survei terlebih dahulu, maka bertolaklah aku kesana kemarin siang, tujuan sih cuma ingin menggali sejumlah informasi (termasuk nanya-nanya ongkir)


kalau dari arah stasiun serpong anda tinggal melajukan kendaraan anda lurus aja, sampai menemukan deretan ruko tekno, nanti patokannya adalah alfamart, setelah jumpa alfamart masih harus lurus lagi ke depan, hingga anda menemukan toko yang ada papan nama toko yang bertuliskan Dakota Cargo. Tanpa lihat papan nama juga akan ngeh sih, karena di depannya banyak terdapat tumpukan kayu kayu untuk packaging atau mobil box milik dakota.


Dakota cargo serpong

Setelah nemu tempatnya..masuk aja, nanyain sama mas-mas di situ, customer servicenya dimana "mau nanya nanya harga.." ntar si mas nya akan ngarahin anda untuk ke lantai 2.

Lantai 2 dakota cargo serpong, di atas ini untuk transaksi pembayaran atau sekedar untuk bertanya informasi terkait pengiriman.

Di lantai 2, ada ruang tunggu dan loket untuk pembayaran. Memang sih, ruang tunggunya agar kurang nyaman dan homey, suasananya agak creepy dengan pencahayaan yang kurang dan  tidak tertata dengan apik..what did you expect?, ini kantor logistik sekaligus tempat transit paket sementara , Rata rata kantor pengiriman barang yang pernah saya kunjungin kurang lebih suasananya yang seperti ini.. Menurutku pelayanan dan keramahtamahan tetap harus nomot satu. Intinya.. Jangan harapkan suasana ciamik seperti di ruang tunggu Bank atau samsung service centre ya guys..


Langsung aja aku ke loketnya, aku di sambut oleh mbak - mbak manis berjilbab dengan pembawaannya ramah dan senyumnya yang hangat. Dari basa basi cukup singkat, aku akhirnya tahu kalau si mbak ada darah Aceh juga. Oia, Namanya Desdi, Ayahnya asli orang Aceh Tengah.

Setelah basa basi berakhir, mulailah aku to the point menyampaikan maksud kedatangan, apalagi kalau bukan nanyain onkir dan segela tetek bengek pengiriman.

Ruang tunggu dakota cargo serpong


Mbak Desdi..mbak manis baik hati yang melayani pelanggan dengan ramah :) 


1. Soal Harga,  untuk mengetahui harga, kita harus memberitahu si mbaknya nama kelurahan dan kecamatan tempat tujuan pengiriman barang. Tujuanku adalah Banda aceh, kecamatan syiah kuala, harganya sekitar Rp 6.700 an / kg  dengan syarat berat pengiriman di atas 20 kg kalau tidak salah. (aku lupa pastinya, 😅😅 ga nyatat sih)

2. Jam kerja. Dakota buka setiap hari senin sampai sabtu. Senin - jumat buka dari jam 8 s/d jam 17.00, sementara hari sabtu buka dari jam 9 s/d jam 15.00, hari Minggu , tutup.

3. Pembayaran bisa dengan cash atau transfer ke rekening yang nanti di berikan.

4. Paket bisa dikirimkan ke alamat rumah yang dituju langsung, jadi ga mesti harus ambil di gudang kota tujuan.

5. Barang yang akan kira dikirimkan akan dihitung berat aktual dan berat volume, dan yang terberat yang akan di ambil sebagai pembiayaan akhir. Misal jika total  berat aktual dari barang barang yang akan kita kirim adalah 75 kg, sedangkan berat volumenya 90 kg, maka yang di ambil adalah berat volume.
Cara menghitung berat volume berdasarkan standar dakota adalah
Panjang x lebar  x tinggi di bagi 4000.

6. Untuk barang pecah belah atau cairan , Dakota menyediakan packaging kayu (ada tambahan harga) tergantung besarnya box. Kalau kita ga mau packaging kayu juga boleh, tapi kerusakan barang tanggung sendiri yeee...

Setelah puas nanya nanya, aku pun izin pamit dan berjanji untuk datang keesokan harinya bersama dengan barang barang yang akan dikirimkan pukul 10 pagi.

Keesokan harinya, berhubung aku ga punya mobil di daerah perantauan yang tercinta ini, aku pun memanfaatkan jasa delivery via aplikasi Deliveree ( baru tahu juga ada jasa pengiriman/ logistik  ini (membantu mengambilkan barang kita ke rumah dan mengantarkan ke tempat tujuan)), ya karena pihak dakota tidak menyediakan layanan ambil barang ke rumah, jadi untuk angkut barangku dari kontrakan kesana aku butuh mobil, nah aplikasi ini sangat membantu.


Jam 10, si abang delivereenya sudah tiba (sangat on time), di angkutnya barang barangku ke mobil dan kami pun cuss ke dakota.

Setibanya di dakota, petugas dakota dengan sigap menurunkan 5 kardusku dari mobil dan meletakkannya di atas timbangan.



Dakota cargo bsd serpong, barang yang akan dikirimkan di timbang





Tampak dalam, dakota cargo serpong



Total berat kelima kardusku adalah 75 kg, kemudian si mas nya mengukur ulang volume dengan menggunakan meteran, berat volumenya adalah 90 kg. 


Hasil pengukuran dan alamat kita kemudian akan di tuliskan di selembar kertas, setelah itu kita diminta untuk melakukan pembayaran di lantai 2.


Di lantai 2, aku pun berjumpa dengan mbak desdi lagi. Rupanya hari ini dia juga bertugas. Aku serahkan kertas yang berisi tulisan tangan mas yang nimbang di bawah, dan mbak desdi pun mulai mengkalkulasikan harga.

Harga totalnya sekitar Rp. 600.000, setelah membayar secara cash aku pun langsung memasan go jek dan pulang.



Setelah semua selesai, nanti kalian akan diberikan bukti pembayaran seperti layaknya foto di atas. Disitu sudah terdapat informasi nomor resi juga yang nanti bisa kalian lacak di web nya dakota kargo.


https://www.dakotacargo.co.id

Setelah masuk ke dalam web tersebut silahkan masukkan no resi anda pada kolom yang disediakan. Jika benar anda mengirimkan barang melalui cabang resmi dakota maka no resi anda akan terdeteksi oleh sistem

Cek resi dakota cargo




Secara garis besar aku cukup puas dengan pelayanan dakota cargo serpong, baik dari segi penyambutan, keramahtamahan pekerjanya, dari segi harga apa lagi , dan juga dari segi kinerja mereka yang cepat ( ga perlu kelamaan nunggu), berhubung aku juga datangnya di sabtu pagi dan memang pelanggannya cuma aku. Intinya, jangan datang di jam jam sibuk, misalnya tengah hari, karena biasanya mereka akan jauh lebih sibuk dan pelanggan juga jauh lebih ramai.

Penilaian secara keutuhan dan keselamatan barang akan aku nilai saat barangku sudah sampai di Banda Aceh, which is kata mereka barang barangku kemungkinan akan nyampe dalam kurun waktu 2 minggu, bisa juga lebih. Pengiriman akan dilakukan melalui jalur darat dan menggunakan tronton, yang mana ntar barangnya akan transit ke medan dulu.


Nah..sekian dulu bincang bincang tentang pengalaman saya mengirim barang kali ini ;)
nanti saya akan update bagaimana bentuk barang barang saya setibanya di banda aceh nanti. Semoga sampai dengan selamat ya. Amin !


Update :

" barang saya sampai dengan selamat..." cihuyyyy

Durasi pengiriman lebih kurang 2 minggu, dari tangsel ke banda aceh, wajar sih karena pengiriman kan lewat jalur darat

Apakah barang saya baik baik saja? ALHAMDULILLAH BAIK baik saja. Kardusnya ga ada yang cacat dan juga ga ada barang yang penyok. Toh yang saya kirimkan bukan barang pecah belah atau elektronik. Untuk barang yang mudah pecah dan rentan rusak saran saya di packing kayu saja ya..jadi lebih aman.







Komentar

  1. Wah saya baru tau Dakota Cargo bisa untuk kirim2 barang yang besar-besar... kukira Dakota itu jasa ekspedisi buat perusahaan2 besar aja. Makasih infonya mbak ^^
    Salam kenal yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama :)
      saya juga baru tahu beberapa bulan belakangan dari teman... :) semoga bermanfaat..salam kenal juga

      Hapus





    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    3. Mampu minjemin 800jt tpi gk mampu buat email berbayar, niceee..

      Hapus
  2. Gimana kak barangnya sudah sampai dengan selamat ? Saya penasaran sama review-nya 😖

    Ini adalah satu review positif tentang Cargo Dakota di antara review negatif-negatif lainnya.

    Mau kirim-kirim sepatu bingung, udah dikarungin. Takut peyok nanti, tapi apa perlu dipacking kayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah sampai dengan selamat dan semua barangnya baik baik saja..

      Saran saya..kalau takut penyok ada baikknya di packing kayu saja..tapi ada penambahan harga per karung atau kotak yang akan di paketin kayu....

      Hapus
  3. Kak, kalau untuk ngirim koper bisa juga nggak ya?

    BalasHapus
  4. alamat dacota cargo dibanda aceh dimana nya ya??saya mau cek paket saya yng sudah 2 minggu belom sampai2..

    BalasHapus
  5. Kalau pindahan isi rumah, dnwgan isi samabenda yang gede gede kayak kulkas dan mecin cuci dan tempat tidur itu bisa ga ya mba?

    BalasHapus
  6. Hari libur nasional, mis besok 1 juni.dakota libur gak ya.soalnya mau ngirim barang ke jawa

    BalasHapus
  7. Mas ma'af itu barang d anter/kirim lngsung ke rumah kita oleh kuririnya yah?
    Apa kita ngambil sendiri ke tempat agen nya?

    BalasHapus
  8. wahhh sangat membantu sekali artikelnya makasi banget

    BalasHapus
  9. Dari tangerang ke balam barang saya kok estimasinya sekitarv2 minggu juga ya? Padahal kalo jarak di banding aceh jauh sekali. Apa ada jawaban mengenai itu?

    BalasHapus
  10. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  11. Thanks infonya mba. Sangat membantu saya baru aja kemarin kirim barang pindahan ketemu artikel ini dan, yang emang murah bgttt

    BalasHapus
  12. Kok beda ya sama saya. Saya beli barang via market place dikirim via dakota. Estimasi sampai tgl 10 april sampai ke semarang. Sampai sekarang tgl 13 barang masih ngendon di Gresik tidak bergerak. Contact centrer WA dr dakota di hubungi via wa cuma di lihat doang gak ada responnya. Kalau menurutku sama-sama murah masih bagus pelayanan indah cargo. Kapok pakai dakota

    BalasHapus
  13. Mbak itu ke semua daerah pengirimannya langsung kerumah ya.
    ?

    BalasHapus
  14. Apakah barang dikirim sampai alamat rumah tujuan ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Sih Clinical Skill (KKJ) Itu?

PENGURUSAN SERKOM DAN STR UNTUK DOKTER UMUM