APAKAH ITU WISDOM TOOTH? (AND I WILL HAVE MY WISDOM TOOTH REMOVED SOON) :(

FOTO PANORAMA GIGI (AFRIYANI KHUSNA)



Wisdom tooth adalah gigi bungsu, atau gigi yang paling terakhir tumbuh, yaitu molar ketiga. Biasanya tumbuh pada usia 16-25 tahun. 
Wisdom tooth bisa tumbuh sempurna bisa saja tidak. Faktor yang mempengaruhi ketidaksempurnaan pertumbuhan wisdom tooth adalah faktor luasnya permukaan gusi atau kepadatan gigi yang lain.
nah, wisdom tooth yang tumbuh tak sempurna ini bisa menganggu gigi-gigi lainnya, atau mendorong gigi yang berada di sebelahnya. Coba lihat foto gigi saya di atas, perhatikan gigi geraham bawah sebelah kanan. Tampak jelas bahwa wisdom tooth saya itu mulai menganggu dan mendorong (mendesak) gigi sebelahnya. 

Wisdom tooth saya memang belum menimbulkan gejala, tapi sebaiknya memang dicabut saja, berhubung umur saya masih muda (tanggal 15 april ini 25 tahun), daripada saat tua gigi tersebut mulai berulah dan semakin tua akan semakin banyak komplikasi. Lagipula dalam hal posisi wisdom tooth saya lumayan, tidak terlalu terbenam di dalam gusi atau tulang mandibula, jadi risiko pembelahan tulang bisa saya hindari, atau minimal hanya flap saja nanti pada gusi.


Hari rabu ini wisdom tooth saya akan di cabut oleh dr gigi kebanggaan saya, dr Dian Rizki Rinanda, mohon doanya ya teman-teman agar semuanya berjalan lancar

Masalah saya cuma satu sih, tekanan darah saya sering rendah, prosedur pencabutan wisdom teeth mungkin adalah prosedur yang berdarah-darah, intinya saya harus menjaga stamina dan tekanan darah agar tidak drop. Selebihnya, saya serahkan sama Tuhan dan sahabat terbaik saya :-)


Saya juga sudah menyiapkan obat kumur, sudah mensurvei beberapa toko penjual jus buah, dan toko yang menjual eskrim pastinya, serta antibiotik profilaksis agar mendapatkan hasil pasca ekstraksi wisdom tooth yang baik untuk mengurangi komplikasi. 

Setelah proses pencabutan, sebaikanya kita beristirahat 1x 24 jam, tidak boleh capek (untuk menjaga stamina dan sistem imun), antibiotik profilaksis untuk mencegah infeksi, dan jus buah berguna untuk mencegah nyeri saat mengunyah, jadi rencananya 1x 24 jam nutrisi saya dari air mineral dan jus buah saja serta eskrim. karena sesuatu yang dingin saat baik untuk mengurangi inflamasi, menjadikan pembuluh darah berkonstriksi sehingga mempercepat proses penyembuhan. Biasanya proses penyembuhan dan nyeri ini akan hilang selama 5-7 hari. Nanti dokter gigi juga akan memberikan kita anti nyeri dan antibiotik sebagai terapi saat dipulangkan


saya pernah memperbincangkan hal ini sebelumnya dengan Hadid, karena ya apapun akan saya ceritakan pada Hadid. Dia bertanya pada saya, kenapa  namanya wisdom teeth(tooth). Saya pun menjawab tidak tahu.

lalu ia menjawab sendiri pertanyaanya
"mungkin ia terlalu bijaksana,mengizinkan yang lain dulu tumbuh baru ia tumbuh (walaupun nanti dapat jatah yang sempit) atau malah harus di cabut karena itu.."

atau mungkin
"karena gigi ini tumbuh pada usia kita beranjak dewasa yaitu 17 tahun ke atas.."

Saya hanya tertawa dan menjawab
"mungkin saja.."

tapi omong-omong saya sedikit deg deg menghadapi proses pencabutan di rabu pagi.

Bismillah


Komentar

  1. salam kenal mbak... kalo liat foto ronsen gigi mba, kayaknya geraham kiri bawah no. 1 udah pernah dicabut tapi masih sisa akar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..sudah pernah di cabut sebelumnya. 15 tahun yg lalu. hari inisaya konsultasi ke sp bm. memng suspect impaksi radiks 6 .kmngkinn sisa gigi.tp saya perlu menjalani fto oklusal lagi.. btw.trma kasih ya.klo tdak sdra tanya..saya tdak akan ngeh..makasihhh

      Hapus
    2. iya..sudah pernah di cabut sebelumnya. 15 tahun yg lalu. hari inisaya konsultasi ke sp bm. memng suspect impaksi radiks 6 .kmngkinn sisa gigi.tp saya perlu menjalani fto oklusal lagi.. btw.trma kasih ya.klo tdak sdra tanya..saya tdak akan ngeh..makasihhh

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. salam kenal juga.. kalau itu saya kurang tahu..nanti akn saya coba tanyakan sama dr gigi saya. terma kasih ya

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. The faithfull rontgen..

    Krn dia tumbuh terakhir, saat sudah berusia dewasa, saat seseorang seharusnya sudah menjadi WISE
    *entah iya

    BalasHapus
  6. mba, sy mau tnya kbtulan sy jg mrsakan wisdom tooth, udh pernah dibelek jg dl tp skrg mlah tmba skit bkan berkurang, itu dicabut aja atau operasi ?
    mksih mba sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya kalau sudah ada gejala bagusnya di ekstraksi aja.
      Prosedurnya nanti apakah dioperasi atau di meja dental dengan bius lokal tergantung spesialis bedah mulutnya mbak.
      Biasanya tergantung tingkat kesulitan dan.posisi.. Tapi kl.mbak ga mau ngerasain sakit bagusnya di ekstraksi di ruang operasi saja..

      Hapus
  7. Mba, saya juga udh mulai tumbuh 2 Gigi wisdom Ini, awalnya sempet aneh sih Karena tumbuh Gigi lagi..Gigi wisdom yg sebelah kiri tumbuh ya rapih says liat dan gk Ada keluhan apapun cuma Gigi geraham sebelah kanan itu gk muncul semua giginya jd kaya ketutup gusi. Baiknya emang harus gmn yah? Apa perlu d cek ke dokter karena setelah saya bsaya baca2 tentang Gigi wisdom Ini agak ngeri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengirim Barang Dengan Menggunakan jasa Dakota Cargo

Apa Sih Clinical Skill (KKJ) Itu?

PENGURUSAN SERKOM DAN STR UNTUK DOKTER UMUM